-->

Sulit kerja? Akhirnya Bisa Ngasilin Duit Juga Diem Rumah


Katanya kalau udah kuliah bisa cepet dapet kerja? Itu semua sebenarnya gak selalu benar guys. Kadang kita sendiri yang harus berusaha. Bukan karena kita kuliah terus kita dengan mudahnya cari kerja apalagi yang enak dan gajihnya besar. 

Ternyata, gua sulit banget dapet kerja. Sampe-sampe mikir lebih baik buka usaha kecil-kecilan sendiri. Memang, kalau usaha pasti memerlukan modal kan? makanya gua juga bingung saat itu mau usaha apaan. 

Gua kuliah disalah satu universitas swasta di Bandung. Banyak sekali kawan gua juga yang ternyata susah cari kerja. Gua berfikir, ternyata bukan cuma gua aja yang sulit, ternyata mereka juga. Gua udah nyoba masukin beberapa lamaran sama perusahaan, swasta maupun negeri. 

Sampe saluran tv pun pernah, waktu itu gua udah lulus tuh disalah satu program tv, cuma gua gak ada ongkos buat interviewnya di bogor. Maklumlah, mahasiswa yang kere. Jadinya gua gak datengin tuh interview. Padahal saluran tvnya keren banget. 

Pupuslah sudah harapan kalau dompet kere itu. Mau kemana aja juga bingung. Waktu itu gua sering kan masuk forum-forum pemburu dollar tuh di social media. Nah, gua ketemu sama yang namanya survei. Yang katanya kita bisa ngasilin duit, kalau kita ngisi surveinya.
Gua cek kan si surveinya itu bener apa nggaknya. Ternyata ada member tuh di forum tersebut yang udah nyoba. Dan emang bener katanya, cuma ga gampang buat ngisi surveinya itu. Karena gak setiap hari kita bisa ngisinya. 

Ada waktu-waktu tertentu. Terus bayarannya tuh pakai poin, semakin banyak poin semakin besar dapet duitnya. 2000 poin = $2. Satu surveinya itu kisaran 30 poinan sampe 65 poin. Ya, walaupun kecil sih gua mikir, lumayan juga kan sambil nunggu kerjaan yang bener. 

Sampai sekarang gua masih ngisi surveinya. Untuk pendapatannya ya lumayanlah, buat jajanin si bebep mah. Aqua gelas sama combro. Oiya guys, pencairan atau pengambilan bayarannya itu lewat PayPal. 

Jadi buat lo yang ingin ngasilin duit, dari pada nganggur kan lebih baik isi surveinya. Lumayan tuh buat jajan.